Minggu, 29 Desember 2013

BOP



             BOP adalah semua biaya produksi selain biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung. Karakteristik BOP yaitu jumlahnya tidak proporsional dengan volume produksi, sulit ditelusur dan diidentifikasi langsung ke produk atau pesanan. Alokasi BOP ke produk menggunakan BOP sesungguhnya dan BOP dibebankan. BOP sesungguhnya adalah BOP yang benar-benar terjadi, sedangkan BOP dibebankan adalah BOP dengan menggunakan tarif yang ditentukan dimuka. BOP sesungguhnya sulit diterapkan disebabkan adanya kendala-kendala  seperti jumlahnya baru dapat diketahui pada akhir tahun, adanya fluktuasi BOP karena jenis biaya tertentu yang hanya terjadi pada suatu periode, sulit menelusuri BOP ke pesanan atau produk tertentu. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan tarif BOP terdiri atas tingkat kapasitas produksi.
Penggolongan BOP
  1. BOP menurut sifatnya
  1. biaya bahan penolong
  2. biaya reparasi dan pemeliharaan
  3. biaya tenaga kerja tidak langsung
  4. biaya yang timbul sebagai akibat penilaian terhadap aktiva tetap
  5. biaya yang timbul sebagai akibat berlalunya waktu
  6. BOP lain yang secara langsung memerlukan pengeluaran uang tunai
Manfaat Tarif BOP
1.Manfaat tarif BOP
tarif BOP yang ditentukan dimuka dapat diberikan manfaat kepada manajemen sebagai berikut:

a)      Dapat dipakai sebagai alat untuk membebankan BOP kepada  produk dengan teliti,adil dan cepat dalam rangka menghitung harga pokok produk.
b)      B.      Dapat dipakai sebagai alat untuk mengadakan perencanaan terhadap biaya BOP,khususnyaapabila tarif BOP dipisahkan kedalam tarif tetap dan terif fariabel.
c)      C.      Dapat dipakai sebagai alat pengambilan keputusan terutama dalam rangka menyajikan informasi biaya relevan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar